Selamat Datang di LEKADnews, Media Informasi dan Interaktif Kerjasama Antardaerah Kab/Kota di Indonesia. Saran dan Pesan atau Komentarnya Sebelum Meninggalkan Situs ini....Info terkait Inisiasi Regional Management Hubungi Kami di 085215497331 atau Shar ke Website NGO Lekad di www.lekad.org...KERJASAMA JADI MUDAH DAN EFEKTIF...Terima Kasih.
LEKAD Sebagai lembaga yang telah berpengalaman dalam kajian, fasilitasi, publikasi dan pelatihan dibidang kerjasama daerah sejak 2005 menawarkan Pelatihan Pedoman Dasar Perencanaan Dan Pengembangan Kerjasama Antar Daerah Kewilayahan. Pelatihan ini akan diselenggarakana pada: Hari Rabu s/d Jumat 27-29 April 2011, Bertempat di Graha Wisata Kuningan, Jl. H.R Rasuna Said Kuningan, Jakarta_ Info Silakan Kontak Wilda (081314246402) atau H.Asrul Hoesein (085215497331) Terima Kasih.

Sabtu, 26 Maret 2011

Instrumen Pelaksanaan RM

RM Barlingmascakeb_dok.Rul
Pelaksanaan Regional Management dalam kerangka komunikasi, kerja sama, dan koordinasi dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menguatkan kebersamaan dan efektivitas program dan kegiatan kerja sama antardaerah. Rasa kebersamaan dan kepemilikan program akan terjalin saat masing-masing aktor dapat saling berbagi dan menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Kegiatan komunikasi, kerja sama, dan koordinasi dalam implementasi RM dapat dilakukan dengan bantuan instrumen-intrumen yang efektif. Beberapa instrumen yang dapat mewakili komponen komunikasi, kerja sama, dan koordinasi yang baik antardaerah ini adalah:

1.    Musyawarah perencanaan pembangunan regional (Musrenbangreg)
2.    Regional Marketing
3.    Media Regional
RM. Gerbang Kertasusila_dok.Rul
Ketiga instrumen tersebut dapat menjembatani jejaring antara publik dan privat sekaligus. Musrenbangreg merupakan pengembangan jejaring publik lintas daerah dan lintas sektor. Sedangkan Regional Marketing dan pemanfaatan Media Regional merupakan instrumen yang efektif bagi jejaring publik dan privat serta masyarakat di segala bidang. 
Efektivitas instrumen-instrumen tersebut sudah dibuktikan di beberapa region di Jawa Tengah. Regional Marketing telah berhasil meningkatkan citra wilayah eks Karesidenan Surakarta melalui Solo Raya. Musrenbangreg telah berhasil meningkatkan jejaring publik di RM Sapta Mitra Pantura dan RM Barlingmascakeb.
Tujuan
1.    Mempermudah komunikasi, kerja sama, dan koordinasi serta efektivitas program dalam implementasi Regional Management.
2.    Meningkatkan efektivitas pencitraan wilayah.

Untuk Inisisasi dan informasi Kerjasama Antardaerah untuk regionalisasi dan potensi wilayah (regionalisasi management/marketing) silakan email dengan Klik di SINI atau di SINI. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Partisipasinya di Lekad News....Sukses untuk Anda