Selamat Datang di LEKADnews, Media Informasi dan Interaktif Kerjasama Antardaerah Kab/Kota di Indonesia. Saran dan Pesan atau Komentarnya Sebelum Meninggalkan Situs ini....Info terkait Inisiasi Regional Management Hubungi Kami di 085215497331 atau Shar ke Website NGO Lekad di www.lekad.org...KERJASAMA JADI MUDAH DAN EFEKTIF...Terima Kasih.
LEKAD Sebagai lembaga yang telah berpengalaman dalam kajian, fasilitasi, publikasi dan pelatihan dibidang kerjasama daerah sejak 2005 menawarkan Pelatihan Pedoman Dasar Perencanaan Dan Pengembangan Kerjasama Antar Daerah Kewilayahan. Pelatihan ini akan diselenggarakana pada: Hari Rabu s/d Jumat 27-29 April 2011, Bertempat di Graha Wisata Kuningan, Jl. H.R Rasuna Said Kuningan, Jakarta_ Info Silakan Kontak Wilda (081314246402) atau H.Asrul Hoesein (085215497331) Terima Kasih.

Jumat, 01 April 2011

Selamat Datang di LEKADNEWS®


Lekad News_Media Interaktif RM_dok.Rul
Assalamu Alaikum wr.wb dan Salam Sejahtera

Pelaksanaan otonomi daerah pada tahun 2001 membawa perubahan dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat Indonesia utamanya masyarakat di daerah. Selain menimbulkan efek positif,  muncul pula sejumlah implikasi yang tidak menguntungkan seperti adanya kejutan budaya (shock culture) yang berpengaruh pada budaya perencanaan dan pembangunan, sampai kepada terjadinya jebakan atas otoda itu sendiri. Suasana tersebut mengakibatkan berbagai distorsi dan melahirkan sejumlah masalah pembangunan yang cenderung kontraproduktif. Akibatnya, regionalisasi sebagai instrumen pembangunan saat ini tumpul akibat pengaruh  pola-pola lama, bisa jadi tidak menguntungkan dan justru sebaliknya dapat menyebabkan  disintegrasi.

Tindakan mementingkan daerah sendiri (egoisme lokal) jelas tidak harus menjadi perhatian bagi seluruh stakeholder pembangunan, utamanya jajaran eksekutif dan legislatif dalam merumuskan  strategi pembangunan daerah. Semua itu haruslah dihindari, termasuk ego sektoral (egoisme institusi) yang masih menggurita di pemerintahan daerah sampai saat ini.

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kerjasama Antardaerah (LEKAD®), sebuah lembaga swadaya masyarakat (NGO) hadir ditengah masyarakat Indonesia dalam rangka menginisiasi serta mengembangkan suatu program pembangunan daerah yang disebut dengan Regional Management (RM). Regional Management dapat dipahami sebagai suatu bentuk kerjasama antar daerah yang berbasis pada keterikatan ruang (region) dan pembentukannya diputuskan melalui konsensus.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, dunia usaha dan terkhusus kepada pemerintah sebagai regulator pembangunan, dalam penyatuan mindset terhadap konsep Regional Management tersebut, maka Tim Management (LEKAD®) yang tersebar di seluruh Indonesia bersedia menginisiasi, dan kami pula ada di Situs www.lekad.org, juga disini LEKADNEWS® sebagai media interaktif sesama stakeholder Regional Management.

LEKADNEWS® diharapkan dapat memberikan informasi dalam memenuhi keingintahuan pembaca dan/atau bahan rujukan serta tuntunan untuk pembentukan Regional Management mulai tahap persiapan (inisiasi dan sosialisasi), pembentukan sampai tahap operasional serta pengelolaan Regional Management.

Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung  baik dalam bentuk saran, maupun kritik yang sifatnya membangun pada media ini dan bersedia berinteraksi langsung dengan kami di LEKADNEWS®. Demi instrumentasi percepatan pembangunan di Indonesia melalui kerjasama antardaerah dengan format Regional Management dan Regional Marketing.

Kami LEKADNEWS®. Menerima tulisan dari pemerhati (RM) pembangunan baik masyarakat, perguruan tinggi, professional, asosiasi pengusaha, entrepreneurship, dan unsur pemerintah, dll. berupa opini, reportase mengenai pembangunan wilayah kabupaten dan kota di Indonesia, dikirim melalui Klik di SINI atau di SINI.

Hormat kami
LEKADNEWS®.(webmaster)
085215497331 atau email Klik di SINI atau di SINI

1 komentar:

  1. Ass.Alaikum.....Sobat semua yang bermaksud ikut menulis atau posting opini atau reportase tentang regionalisasi (kerjasama antardaerah)di blog Lekad News ini, silakan email ke Lekad News di lekadnews@gmail.com ..... Tq sebelumnya dan salam sukses....

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Partisipasinya di Lekad News....Sukses untuk Anda